Unnes Menari 2016, Apresiasi bagi Seniman Tari Indonesia

METROSEMARANG.COM – Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyelenggarakan acara peringatan Hari Tari Sedunia 2016 di Pendopo Kampung Budaya dan panggung terbuka kampus setempat. Kegiatan ini bakal berlangsung selama dua hari dan dibuka mulai hari ini, Jumat (29/4) hingga Sabtu (30/4) besok.

Acara ini merupakan agenda tahunan yang sudah dihelat untuk kali ketiga di Unnes. “Ini merupakan tahun ketiga diadakannya Unnes Menari,” papar Heny Setyaningrum, penanggung jawab acara.

Kelompok Tari Bayi Wingi Sore dari Unnes membawakan Tari Topeng Ireng untuk memeriahkan Unnes Menari 2016, Jumat (29/4). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Kelompok Tari Bayi Wingi Sore dari Unnes membawakan Tari Topeng Ireng untuk memeriahkan Unnes Menari 2016, Jumat (29/4). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Berbeda dari penyelenggaraan dua tahun sebelumnya, pergelaran tari kali ini dilakukan di Pendopo Kampung Budaya dan panggung terbuka. “Tahun ini memang agak berbeda, karena biasanya dilaksanakan di gedung B6 dan Panggung Terbuka. Tapi berhubung Pendopo Kampung Budaya sudah diresmikan maka kali ini tidak digelar di gedung B6,” ungkap Heny.

Perbedaan lainnya, pada peringatan Hari Tari Sedunia pada 2014 lalu diperingati selama 12 jam, tahun kedua selama 18 jam. Namun, pada peringatan tahun ini akan diisi sajian-sajian secara bergantian dari berbagai sanggar tari, sekolah, maupun perguruan tinggi.

Dengan mengusung tema “Meneguhkan Tari sebagai Media Edukasi dan Konservasi”, Unnes Menari 2016 ini dimaksudkan untuk mengapresiasi seni tari dan mengenalkan budaya tari di Indonesia. “Selain untuk memperingati Hari Tari sedunia, kegiatan ini juga merupakan bentuk apresiasi kami pada seni tari supaya semakin banyak masyarakat yang mengenal tari-tarian Indonesia,” tandas Heny.

Untuk kegiatan menari selama 24 jam nonstop berlangsung mulai 29 April pukul 09.00 dan berakhir pada 30 April pukul 09.00, dengan melibatkan sedikitnya 1.500 penari. (CR-01)

You might also like

Comments are closed.