Usai Menang di Amerika, Tiga Mahasiswa Unissula Berangkat Umroh

METROSEMARANG.COM – Usai menyabet juara umum dalam kontes robot di Amerika Serikat, tiga mahasiswa Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang dalam waktu dekat bakal berangkat umroh ke Tanah Suci Mekkah.

Menurut Rektor Unissula, Anis Malik Thoha ibadah umroh itu merupakan hadiah yang diberikan bagi tiga mahasiswanya karena mampu menjuarai kontes robot pemadam api di Trinity College Amerika, 3 April kemarin.

Penyambutan Tim Robotik Unissula yang baru saja menyabet gelar juara umum di Amerika Serikat. Fptp: metrosemarang.com/fariz fardianto
Penyambutan Tim Robotik Unissula yang baru saja menyabet gelar juara umum di Amerika Serikat. Fptp: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Kami hadiahkan bagi ketiga pemenang kontes robot beasiswa S2 di Unisula dan ada hadiah tambahan berupa tawaran beribadah umroh ke tanah suci tahun ini,” ungkap Anis kepada metrosemarang.com, sehari pasca penyambutan kepulangan tim robot Unisula, Sabtu (9/4).

Ia pun mengaku sangat bersyukur anak didiknya akhirnya mampu membawa pulang piala kontes robot pemadam api ke Indonesia. “Kita mendapatan banyak hikmah. Kita juga bersyukur sekali tim dapat juara di Trinity College. Apalagi ini kompetisi internasional yang diikuti 80 tim dari berbagai negara dan alhamdulillah tim Unissula jadi juara umum,” bebernya.

Ia berharap kemenangan ini bisa jadi motivasi bagi universitas lain di Indonesia agar mampu bersaing di regional dan internasional. Bagi Unissula, katanya, hal ini tentunya mampu membangkitkan gairah fakultas-fakultas lain agar dapat mengikuti ajang kompetisi perguruan tinggi di kancah dunia.

“Khusus bagi tiga mahasiswa kontes robot kali ini kami juga kasih dana dana Rp 40 juta untuk membiayai persiapan kontes robot di tahun berikutnya,” papar Anis.

Ia ingin tim Unissula kembali menggondol medali juara umum dalam kontes Kobertis keempat di Jawa Tengah dan DIY. (far)