Usai Sholat Jumat, Atap Masjid Mendadak Roboh

Masjid Baiturrochim yang roboh tadi siang (12/12). Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya
Masjid Baiturrochim yang roboh tadi siang (12/12). Foto: Metro Semarang/Ilyas Aditya

SEMARANG – Usai digunakan untuk Sholat Jumat, atap sebuah Masjid yang terletak di Kelurahan Tawangmas, RT 6 RW 4, Semarang Barat, tiba-tiba roboh, Jumat (12/12) siang.

Diduga, rangka masjid bernama Baiturrochim itu roboh karena tidak kuat menahan beban kubah masjid yang mencapai berat sekitar tiga ton. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

Menurut Waltinah (30), warga sekitar yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian, masjid tersebut roboh  sekitar pukul 14.14. “Saya ada di rumah, suaranya keras sekali, saya keluar melihat  gumpalan asap dari debu yang beterbangan di area masjid,” tuturnya usai kejadian.

Dikatakannya, pada saat kejadian kondisi masjid sepi. Tetapi ia sempat mendengar ada seorang wanita yang ingin berwudlu terluka. “Tadi ada wanita mau wudlu, pas masjid roboh langsung loncat. Terluka, kakinya terkilir, tapi tidak tahu sekarang di mana,” imbuhnya.

Sementara, seorang takmir masjid, Jalal (49), mengatakan belum diketahui secara pasti penyebab robohnya masjid yang dibangun sekitar tahun 2006 silam itu. “Kubahnya sekitar tiga ton dengan diameter sekitar delapan meter. Kerugian pastinya belum tahu, disinyalir ratusan juta rupiah,” tandasnya. (Yas)

You might also like

Comments are closed.