Volume Kendaraan Pemudik 2018 Bakal Tembus 12,4 Juta Unit

SEMARANG – Volume kendaraan pemudik selama musim arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah diperkirakan mencapai 12,4 juta unit. Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Deni Kusdiana, menyatakan dengan kondisi tersebut, maka populasi kendaraan para pemudik dari rentang waktu 2017 lalu sampai 2018, sampai 16 persen.

mudik semarang
Kepala Sub Direktorat Angkutan Barang, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Deni Kusdiana usai melepas rombongan tour bike Kemenhub di Lawang Sewu. (foto: metrosemarang.com/Fariz Fardianto)

Menurutnya populasi kendaraan pemudik nantinya bakal didominasi pengguna kendaraan bermotor. “Pemudik sepeda motor lonjakannya mencapai 33 persen. Sedangkan peningkatan pemudik yang naik kendaraan roda empat sebesar 28 persen,” tutur Deni, usai melepas rombongan tour bike Kemenhub di Gedung Lawang Sewu, Semarang, Rabu (2/5).

Di tahun ini, Kemenhub menyarankan kepada para pemudik untuk memanfaatkan fasilitas mudik gratis menggunakan bus serta kapal RoRo dengan tiga tujuan Jakarta-Lampung, Jakarta-Semarang dan Jakarta-Surabaya. Selain itu, pemudik sebaiknya naik kapal laut karena pihaknya menyediakan rute mudik dari Jakarta menuju Semarang.

“Kita upayakan mengurangi kepadatan volume kendaraan pribadi dengan meminta pemudik untuk memakai kapal RoRo. Hal ini sangat membantu untuk memecah saat puncak mudik saat puncak mudik pada 13-14 Juni,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan pemanfaatan kapal laut saat ini telah didukung peningkatan daya tampungnya yang mencapai hampir 500 persen. Ada pula fasilitas mudik gratis dari BUMN dan swasta terdapat 3.000 bus yang melayani menuju seluruh Indonesia. “Potensi mudik gratis yang sangat besar sehingga masyarakat harus jeli menggunakannya untuk menekan angka kecelakaan di darat,” tandasnya. (far)

 

You might also like

Comments are closed.