Wah, Ternyata Kopi Turunkan Resiko Diabetes

ilustrasi
ilustrasi

 

Para peneliti di Swiss baru-baru ini mengumumkan bahwa meminum empat cangkir kopi per hari dapat menurunkan resiko diabetes sampai 25 persen. Penelitian ini diumumkan saat World Diabetes Day, 14 November lalu.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kopi dapat memicu sensitivitas insuin pada tubuh seseorang dengan berat badan normal. Sedangkan untuk diabetes tipe 2, empat cangkir kopi per hari dapat mengurangi resiko hingga 11 persen dalam 4 tahun.

Untuk pencegahan diabetes, dianjurkan untuk meminum tidak kurang dari empat cangkir kopi per hari. Jika mengurangi konsumsi kopi, maka resiko diabetes meningkat sebanyak 17 persen. Sebaiknya waktu minum kopi juga diatur, yakni saat makan siang.

Yang perlu diingat, mencegah diabetes sebaiknya tidak dilakukan dengan mengonsumsi kopi saja. Harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat serta mengurangi jumlah konsumsi gula.

Anda pun tidak perlu takut terserang penyakit jantung maupun tekanan darah tinggi lantaran kebiasaan meminum kopi. Sebab kopi tidak menyebabkan penyakit jantung maupun tekanan darah tinggi sebagaimana yang dipercaya masyarakat selama ini. (ren)

 

You might also like

Comments are closed.