Wajib Pajak Ini Beruntung Dapat Hadiah Satu Unit Rumah

METROSEMARANG.COM – Seorang warga Jalan Gemah Raya II No 19 RT 3 RW 6 Kecamatan Pedurungan, Setyo Budi, beruntung mendapatkan satu unit rumah dari undian berhadiah bagi wajib pajak PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) yang digelar oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang di halaman balai kota, Jumat (6/10).

Wali Kota Hendrar Prihadi menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada perwakilan wajib pajak yang mendapat hadiah undian satu unit rumah di balai kota, Jumat (6/10). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Rumah yang berada di Bukit Semarang Baru (BSB) Jatisari Lestari Kecamatan Mijen tersebut terdiri dari dua kamar dengan luas 97 m2. Dan pajak 25% sudah ditanggung pemerintah.

Saat pengundian dan penyerahan hadiah oleh Walikota Semarang, Setyo Budi sendiri yang memiliki nomor undian 190731 tidak hadir, sehingga penerimaan hadiah diwakili oleh camat setempat.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, dengan pemberian hadiah rumah ini diharapkan dapat menjadi pemacu bagi masyarakat. Sehingga terbiasa tertib dan taat dalam membayar pajak sesuai waktu sebelum jatuh tempo. Karena fungsi pajak adalah untuk membiayai pembangunan.

”Dengan motivasi seperti ini, ada kenaikan cukup signifikan dibanding dengan tahun lalu. Per 31 Agustus 2017 pajak yang masuk ke kasda sudah mencapai Rp 310 miliar dari target Rp 330 miliar atau 96%. Sedangkan tahun lalu di tanggal sama baru sekitar Rp 264 miliar,” katanya.

Dia menjanjikan hadiahnya akan terus ditingkatkan, jika tahun ini rumahnya tipe kecil maka tahun depan akan lebih besar lagi, sesuai dengan jumlah uang yang masuk ke kasda.

Sementara itu Kepala Bapenda Kota Semarang Yudi A Mardiana menambahkan, tujuan dilakukannya pengundian berhadiah ini adalah untuk memberikan penghargaan. Karena kesadaran masyarakat untuk membayar pajak sebelum jatuh tempo telah meningkat.

Sekaligus juga untuk memotivasi dan mendorong wajib pajak lainnya yang belum membayar tepat waktu agar ke depan bisa membayar pajak sebelum jatuh tempo.

”Dari target Rp 310 miliar sudah tercapai 96% sampai 29 September, kalau sampai jatuh tempo 31 Agustus 93% dari wajib pajak 500 ribuan,” katanya.

Selain satu unit rumah pihaknya juga menyediahkan hadiah 3 unit sepeda motor, kulkas, mesin cuci, televisi, dan lain-lain. Termasuk memberikan penghargaan kepada 10 wajib pajak dengan nilai pembayaran terbesar. (duh)

You might also like

Comments are closed.