Walhi Kecam Bakal Calon yang Pasang Alat Peraga di Pohon

Pemasangan alat peraga kampanye yang menempel di pohon mendapat kecaman dari Walhi Jateng. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Pemasangan alat peraga kampanye yang menempel di pohon mendapat kecaman dari Walhi Jateng. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Alat peraga kampanye para bakal calon yang tertempel di pohon mendapat protes keras dari Walhi Jawa tengah. Mereka mengatakan, para bakal calon yang melakukan tindakan tersebut menunjukkan bahwa mereka tidak sadar terhadap lingkungan.

“Ini sangat disayangkan, baru akan memasuki Pilwalkot saja sudah banyak yang memasang alat kampanye seperti baliho, poster dengan menancapkan paku pada pohon. Bagaimana jika nanti sudah masa kampanye?, ”kata Direktur Eksekutif Walhi Jateng, Indriyaningrum Fitri, Selasa (26/5).

Dia menegaskan, pohon yang ada di Kota Semarang bukan sebagai peraga kampanye. “Pohon mempunyai penyimpan air dengan akarnya, penghasil oksigen, penyerap karbon. Apa jadinya jika pohon tersebut rusak,” katanya.

Walhi mendesak kepada para penyelenggara pemilu agar membuat kesepakatan tidak memaku pohon ketika memasang alat peraga kampanye. Jika tetap melanggar, Walhi mengancam akan mempublikasikan ke media sebagai sosok calon pemimpin yang tak peduli lingkungan.

Walhi juga menitipkan pesan terhadap para kepala daerah jika nanti terpilih, salah satunya adalah perbaikan lingkungan, dimana realita sekarang ini bencana ekologi terjadi akibat tidak seimbangnya lingkungan hidup. (ade)

You might also like

Comments are closed.