Wali Kota Semarang Ikut Bayar Makanan Pakai Plastik

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ikut membayar makanan yang dibelinya di kantin sampah dengan sebungkus plastik. Hal ini terlihat saat ia mencoba menyambangi kantin sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang sore ini, Senin (14/3).

Hendrar Prihadi saat mengunjungi "Kantin Gas Methan" di Jatibarang, Senin (14/3). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Hendrar Prihadi saat mengunjungi “Kantin Gas Methan” di Jatibarang, Senin (14/3). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Yang menarik, pemilik kantin sampah ini menerima pembayaran memakai kantong plastik. Plastik yang dibayar setara dengan ongkos makan di kampungnya,” ujar Hendi, sapaan akrabnya.

Hendi bilang apa yang dilakukan Suyatmi mendukung program diet plastik yang digalakkan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya. Tetapi menurutnya, langkah Suyatmi lebih unggul karena mampu mengumpulkan plastik jadi gas methan yang bermanfaat bagi warga Semarang. “Kami mendujkung program ini,” katanya.

Ia meminta kepada dinas untuk memfasilitasi pembentukan kantin plastik di kecamatan lainnya. Tugas dinas juga untuk penegakan perda soal kebersihan lingkungan.

Sementara itu Kepala UPTD Jatibarang Agus Jun yang ikut mendampingi rombongan Wali Kota Semarang mengaku, kantin sampah yang dibangun di daerahnya terbukti mampu membawa perubahan besar pada perilaku warganya. “Itu sangat membantu kami karena mampu mengurangi limbah plastik sangat banyak,” tutupnya. (far)

You might also like

Comments are closed.