Wanita Butuh Tidur Lebih Lama Dibanding Pria, Ini Alasannya

METROSEMARANG.COM – Anda dan pasangan kerap berdebat soal siapa yang harus tidur lebih lama? Atau siapa yang harus bangun lebih dulu untuk memersiapkan perlengkapan anak-anak sekolah? Hasil penelitian menyebutkan bahwa wanita memerlukan waktu tidur lebih lama ketimbang pria. Nah!

Dalam sebuah studi yang melakukan penelitian terhadap 210 pria dan wanita usia pertengahan, diketahui bahwa wanita mengalami gangguan kesehatan lebih besar karena kurang tidur dibanding pria.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Kami menemukan bahwa wanita yang kurang tidur sangat rentan mengalami tekanan psikologis sehingga lebih besar mengalami depresi. Kondisi ini tidak ditemui pada pria,” kata Profesor Jim Horne, Direktur Pusat Penelitian di Loughborough University dan penulis Sleepfaring: A Journey The Science of Sleep, seperti dilansir dari yourtango.com.

“Salah satu fungsi utama tidur adalah memungkinkan otak untuk pulih dan memperbaiki diri. Semasa tidur nyenyak, korteks — bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengolah memori, bahasa, dan sebagainya—melepaskan diri dari indera dan masuk tahap pemulihan.”

Dia melanjutkan, seberapa besar Anda menugaskan otak bekerja dalam sehari, Anda memerlukan waktu lebih banyak untuk memulihkan. “Tidur menjadi periode sempurna untuk memulihkan diri. Dalam hal ini, wanita cenderung memiliki multi-tugas, sehingga kerja otak mereka lebih besar daripada oria. Karena itu, kebutuhan tidur mereka juga lebih besar,” tutur Jim Horne.

Selain itu, menurut Jim, jaringan otak wanita lebih kompleks, sehingga waktu tidur yang mereka butuhkan sedikit lebih besar. “Rata-rata adalah 20 menit lebih banyak (dari pria), tapi beberapa wanita mungkin memerlukan sedikit lebih banyak atau malah kurang dari periode ini,” ucapnya. (twy)

 

 

You might also like

Comments are closed.