Warga Semarang Produksi 1.120 Ton Sampah Setiap Hari

METROSEMARANG.COM – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pemerintah Kota Semarang menyelenggarakan Aksi Bersih Sampah di Lapangan Simpang Lima Semarang saat Car Free Day (CFD), Minggu (25/2) pagi. Acara ini merupakan rangkaian agenda Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018.

Kegiatan Tiga Bulan Bersih Sampah (TBBS) dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 di Simpang Lima Semarang, Minggu (25/2). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Pelaksanaan TBBS mulai tanggal 21 Januari 2018 hingga 21 April 2018 untuk menggugah kesadaran masyarakat menerapkan pola hidup mengurangi, menangani dan mengolah sampah,” ungkap Dirjen PSLB3, Rosa Vivien Ratnawati.

Selain Kota Semarang, kegiatan CFD dan Dialog Komunitas yang menerapkan konsep “less waste event” ini juga berlangsung di Balikpapan, Makassar, Palembang, Ambon, Yogyakarta, Jayapura dan Banjarmasin dalam kurun waktu sampai dengan 15 April 2018.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan, setiap warga Semarang memproduksi sekitar 0,7 Kilogram sampah. Jika dikalikan jumlah seluruh warga Semarang yang mencapai 1,6 juta jiwa berarti jumlah sampah yang dihasilkan warga Semarang setiap hari adalah 1.120 ton.

“Oleh karena itu, kami sedang berusaha mengolah sampah di TPA Jatibarang untuk diubah menjadi energi. Sedangkan yang non organik, kami mendorong masyarakat untuk mengubahnya menjadi barang kreatif yang memiliki nilai ekonomi,” katanya.

Pendidikan pengolahan sampah yang paling dia tekankan adalah di level keluarga. Kebiasaan membuang sampah pada tempatnya akan membantu mewujudkan Kota Semarang yang bebas dari persoalan sampah. (ade)

You might also like

Comments are closed.