Warga Semarang Sulit Dapat Kacamata Filter Matahari

METROSEMARANG.COM – Warga Semarang, Rabu (9/3) besok, mendapat momentum istimewa karena fenomena gerhana matahari sebagian bakal muncul pukul 06.00 WIB. Orang-orang yang ingin melihat penampakan gerhana matahari wajib memakai kacamata filter matahari agar retina mata tidak rusak.

Namun, tahukah Anda bila hari ini mayoritas warga Semarang mengaku kesulitan mendapat kacamata filter matahari. Yang mencari ke pusat perbelanjaan pun, hasilnya nihil. Ada yang tergesa-gesa memburu Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akhirnya harus pulang dengan tangan hampa.

Ilustrasi
Ilustrasi

“Saya cari-cari sampai ke MAJT juga sulit dapat kacamata. Pengelola masjid bilang baru bisa membagikan kacamata filter matahari besok pagi,” aku Borang, warga Mranggen Demak kepada metrosemarang.com, Selasa (8/3).

Borang mengaku bingung kenapa di saat momentum langka terjadi ke Semarang, para pedagang kacamata justru tidak menjual kacamata filter matahari. “Harusnya pedagang kacamata jualan kacamata filter. Sekalian aji mumpung,” ujarnya.

Saat dikonfirmasi, panitia gerhana matahari di MAJT, Didik jumlah pemesan kacamata filter matahari kini terus bertambah. Meski begitu, ia mengklaim kacamata filter matahari baru tiba nanti malam. Ia baru bisa membagikan bagi pembeli keesokan harinya.

“Pembagiannya pakai kupon khusus yang bisa ditukar dengan kacamata filter yang kami sediakan. Kalau wartawan ingin melihat gerhana akan kita sediakan gratis,” kata Didik.

Pantauan di pusat perbelanjaan lokal tampak para pedagang rata-rata tak menjual kacamata filter matahari untuk melihat gerhana besok.

Di Toko Buku Gramedia Jalan Pandanaran Semarang, seorang petugas menyampaikan kacamata filter matahari hanya dijual di luar Jawa. “Hanya dijual di luar Jawa kayak di Palembang, Pontianak, Maluku, Mas,” ungkapnya.

Sementara kondisi serupa juga terjadi di sejumlah toko optik Mal Ciputra. “Kita enggak jual kacamata filter matahari karena memang sulit nyari barangnya,” kata Utari. (far)

You might also like

Comments are closed.