Warga Tangkap Ular Piton Raksasa Pemangsa Ternak

Ular sanca raksasa yang berhasil ditangkap warga Desa Tahunan Jepara. Foto: dok metrojateng.com
Ular sanca raksasa yang berhasil ditangkap warga Desa Tahunan Jepara. Foto: dok metrojateng.com

METROSEMARANG.COM – Seekor ular sanca raksasa yang diduga kerap memangsa hewan ternak berhasil dilumpuhkan warga Desa Tahunan Jepara. Ular dari suku Phytonidae ini seukuran paha orang dewasa, dengan panjang empat meter dan berat diperkirakan mencapai 50 kilogram.

Ular tersebut ditangkap warga setempat, Masdi, usai memangsa seekor ayam peliharaan warga, Minggu (31/1). Sebelumnya, sejumlah warga mengaku sering kehilangan ayam peliharaannya.

“Pas saya lihat pertama itu, baru melilit ayam. Kemudian ramai-ramai ditangkap,” ujar Masdi.

Diduga, ular sanca tersebut keluar dari sarangnya yang berada di sungai yang melintas di desa tersebut. Warga menduga masih ada ular sanca lain yang hidup di sekitar sungai.

“Saat ditangkap harus ramai-ramai, kalau sendiri jelas tidak kuat. Kelihatannya kok masih ada ular lain di sungai, karena tidak mungkin ular ini sendirian pasti ada pasangannya,” kata Masdi.

Tak pelak penangkapan ular seberat 50 kilogram lebih ini mengundang perhatian warga. Banyak warga dari luar desa berbondong-bondong ingin melihat dari dekat ular sanca itu.

Kini, ular tersebut sementara dipelihara di salah satu rumah wargta dan ditempatkan di dalam sangkar yang terbuat dari besi. (metrojateng.com/oby)

You might also like

Comments are closed.