Warga Was-was Debit Sungai Beringin Capai 2,6 Meter

Sungai Beringin berpotensi meluap jika diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Foto Metrosemarang
Sungai Beringin berpotensi meluap jika diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Meski diguyur hujan lebat sejak Jumat (2/1) sing tadi,  saat ini ketinggian Sungai Bringin yang melintas di Kelurahan Wonosari Ngaliyan belum berpotensi menyebabkan banjir. Hingga petang ini tercatat ketinggian air sungai mencapai 2,6 meter.

Menurut Ketua Kelurahan Siaga Bencana (KSB), Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Suratno, ketinggian air Sungai Bringin sempat meningkat dengan drastis dan membuat warga di sekitar bantaran sungai was-was.

“Air sungai meluap jika ketinggian air mencapai 3 meter, tadi tercatat di angka 2,6 meter. Untung hujan sudah tidak terlalu deras, sekarang sudah mulai surut,” tuturnya kepada metrosemarang.com Jumat (2/1) malam.

Kendati demikan, pihaknya mengaku akan terus bersiaga menghadapi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi, seperti banjir bandang tahun 2010 lalu yang menimbulkan korban jiwa. Sampai saat ini, pihaknya juga sudah menerima sekitar 1.000 karung pasir dari Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Tengah, yang sudah dibagikan kepada warga  untuk meninggikan tanggul di bantaran sungai.

“Bantuan 1.000 karung pasir dari PSDA sudah saya distribusikan ke warga yang membutuhkan, ini juga sudah minta tambahan ke BPBD,” imbuhnya.

Sungai Beringin merupakan salah satu sungai yang membuat masyarakat Wonosari khawatir. Pasalnya bentuk sungai yang mengerucut ke laut menyebabkan debit air bisa dengan cepat bertambah tinggi jika diguyur hujan lebat. (yas)

 

 

You might also like

Comments are closed.