Waspada, Ini Kawasan Rawan Bencana di Kota Semarang

Menjelang musim penghujan, Wali Kota Hendrar Prihadi mengimbau warganya agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitarnya. Foto Metrosemarang
Menjelang musim penghujan, Wali Kota Hendrar Prihadi mengimbau warganya agar lebih memperhatikan kebersihan lingkungan sekitarnya. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi berharap wilayahnya prima menghadapi datangnya musim penghujan. Sehingga terhindar dari muculnya genangan bahkan bencana alam seperti banjir dan longsor.

Wali kota menyampaikan bahwa kegiatan kerja bhakti resik-resik lingkungan tempat tinggal, salah satu upaya yang bisa dilakukan warga masyarakat untuk menghadapi musim penghujan tersebut. Upaya tersebut merupakan tanggung jawab bersama mulai dari pemerintah, stake holder, hingga termasuk juga warga masyarakat.

‘’Minggu-minggu ini hujan sudah mulai turun di Kota Semarang. Pastikan wilayah kita prima menghadapinya sehingga terhindar dari munculnya genangan. Semua pihak bertanggung jawab dan wajib berpartisipasi dalam hal ini,’’ tegas wali kota yang akrab disapa Hendi, akhir pekan kemarin.

Hendi menyatakan, potensi terjadinya bencana saat musim hujan sangat besar. Untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi dari seluruh masyarakat guna menghadapi kemugkinan terjadinya bencana. ‘’Perlu menyiapkan antisipasi bencana sejak sedini mungkin,’’ katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang sudah memetakan kawasan rawan bencana di Kota Lumpia. Kepala Pelaksana BPBD Kota Semarang Iwan Budi Setyawan mengatakan, peta rawan bencana masih belum berubah. Berdasarkan data tersebut, potensi bencana tersebar di 16 kecamatan. Bencana banjir dan tanah longsor masih tetap mendominasi. (MS-13)

Data Ancaman Bencana Per-Kecamatan:

-Semarang Barat: Banjir dan tanah longsor

-Semarang Selatan: Banjir dan tanah longsor

-Semarang Tengah: Banjir

-Semarang Timur: Banjir

-Semarang Utara: Banjir

-Banyumanik: Banjir dan tanah longsor

-Kecamatan Candisari: Tanah longsor

-Kecamatan Gajahmungkur: Banjir dan tanah longsor

-Kecamatan Gayamsari: Banjir

-Genuk: Banjir

-Gunungpati: Banjir dan tanah longsor

-Mijen: Banjir, tanah longsor, dan puting beliung

-Ngaliyan: Banjir, tanah longsor, dan puting beliung

-Pedurungan: Banjir dan puting beliung

-Kecamatan Tembalang: Banjir, tanah longsor, dan puting beliung

-Kecamatan Tugu: Banjir dan tanah longsor.

You might also like

Comments are closed.