Waspada! Penipuan Berkedok Survei Listrik Bersubsidi

METROSEMARANG.COM – Masyarakat Kota Semarang diminta untuk mewaspadai terhadap aksi penipuan yang mengatasnamakan survei listrik bersubsidi. Sebab, menurut Manajer Komunikasi Hukum Administrasi PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Audi Damal, survei listrik bersubsidi yang diselenggarakan secara resmi oleh pihaknya tidak dipungut biaya sama sekali.

Ilustrasi. Masyarakat diminta waspada penipuan berkedok survei listrik bersubsidi.

Ia pun menegaskan bahwa secara teknis, petugasnya yang mendatangi pelanggan sasaran survei sudah dilengkapi identitas dan surat tugas dari PLN.

“Petugas PLN juga akan membawa blanko survei dari TNP2K yang wajib diisi nomor identitas pelanggan PLN. Makanya, ini dilaksanakan tanpa dipungut biaya,” ungkap Audi kepada metrosemarang.com, Senin (15/5).

Karenanya, ia mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kehati-hatian supaya tidak teperdaya bujuk rayuan oknum tak bertanggungjawab yang menawarkan bantuan untuk mendapatkan subsidi dengan meminta imbalan uang.

Sementara itu, Hardian Sakti Laksana,
Deputi Manajer Komunikasi Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan Yogyakarta, menyatakan dukungan untuk pelaksanaan survei pemadanan data diberikan dari data TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan) sesuai kondisi lapangan.

Survei pemadanan data ini merupakan penugasan dari pemerintah pusat kepada PLN melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementrian ESDM.

Data yang menjadi dasar acuan survei merupakan data yang berasal dari Basis Data Terpadu. Kewenangan penentuan data masyarakat miskin ataupun rentan miskin dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah melalui TNP2K.

“Pelaksanaan survei dilakukan serentak secara nasional pada Februari-Maret 2016 dan Maret-Oktober 2017,” urainya. (far)

You might also like

Comments are closed.