Waspadai Tiga Penyakit Ini saat Pancaroba

Iluatrasi
Iluatrasi

METROSEMARANG.COM – Memasuki musim pancaroba, masyarakat harus mewaspadai serangan wabah penyakit yang biasa terjadi pada masa peralihan ini. Menurut Kepala Bidang Pelayanan RSUD Tugurejo, Ikhwan HZ, setidaknya ada tiga penyakit yang perlu diantisipasi masyarakat.

“Pada masa pancaroba ini kita harus waspada demam bersarah dengue (DBD), diare, dan influenza,” kata Ikhwan, Selasa (23/2).

Berdasarkan data di RSUD Tugurejo sepanjang 2016, kasus diare paling menonjol. Hingga pertengahan Februari, jumlah penderita diare mencapai 253 orang. Kasus terbanyak terjadi pada Januari, yakni 189.

Sedangkan, data penderita DBD hingga pertengahan Februari mencapai 58 kasus, sebanyak 35 di antaranya terjadi pada Januari. “Jumlah penderita didominasi anak-anak. Sejauh ini masih bisa tertangani, termasuk untuk ruang perawatannya,” imbuh Ikhwan.

Menurut Ikhwan, siklus penyebaran nyamuk DBD terjadi pada pagi dan sore hari. Hal itu sudah menjadi siklus yang perlu diwaspadai karena saat itu banyak orang beraktivitas. Untuk penanganan, salah satunya adalah dengan memperhatikan cairan tubuh agar jangan sampai kekurangan.

“Terutama memang demam berdarah sama diare, semuanya sama harus rehidrasi, pengembalian cairan tubuh,” tandasnya.

Sedangkan untuk penyakit batuk pilek dan influenza, pihaknya menyarankan untuk ditangani di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas). Karena penanganannya tidak sampai memerlukan rawat inap alias bisa obat jalan. (din)

You might also like

Comments are closed.