Whillie Wakili Udinus dalam Kontes Robot Nasional di Yogyakarta

Kontes Robot Indonesia 2015 Foto: metrosemarang.com/dok umy
Kontes Robot Indonesia 2015
Foto: metrosemarang.com/dok umy

SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang masih punya wakil di kontes robot tingkat nasional yang akan berlangsung di Yogyakarta, 11-24 Juni 2015. Whillie, si robot badminton, yang menyabet juara II Lomba Robot Regional III Jateng & DIY, bakal menjadi duta Udinus untuk bersaing dengan kontestan lain dari seluruh Indonesia.

Dosen pembimbing tim robot Udinus, Dr Yuliman Purwanto memaparkan, dalam kompetisi nasional nanti akan menjadi ujian bagi kemampuan anggota tim. “Jadi bukan mengaku kemampuan perangkat  keras robot, tapi bagaimana tim perancang bekerja, mulai dari perencanaan, hingga pemrograman perangkat lunak,” kata dia.

Ada empat kategori perlombaan yang akan diselenggarakan pada KRI nasional tersebut. Keempat kategori itu adalah, Kontes Robot ABU (Asia Pasific Broadcasting Union) Indonesia (KRAI), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI).

Whillie bakal tampil sebagai robot badminton, sesuai tema KRAI tahun ini. Sepasang robot Whillie diturunkan ke lapangan untuk melawan pasangan musuh dalam pertandingan badminton robot. Skor lima adalah skor tertingi untuk pemenangnya.

Semua pemain yang menjadi juara pada tiga kategori lomba, yakni KRAI, KRSBI, dan KRPAI juga akan bertanding kembali di tingkat internasional. Jika pemenang KRAI akan melanjutkan pertandingannya pada Kontes Robot ABU Internasional maka pemenang KRSBI akan dikirim untuk menjadi perwakilan Indonesia pada Robot Soccer Competition International. Selain itu, juara nasional KRPAI akan dikirim ke Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2015.

KRAI tahun ini merupakan kompetisi yang kesebelas. Tiga tahun terakhir ini Whillie berhasil masuk ke kompetisi tingkat nasional setelah menjuarai kompetisi regional. Tahun lalu, 9 Mei 2014, Whillie memenangi KRAI yang bertema “A Salute to Parenthood”. (MS-06)

You might also like

Comments are closed.