Willy Wanta, instruktur Zumba® sekaligus dokter dengan mimpi mulia yang menginspirasi

JAKARTA – Sebuah kisah inspiratif datang dari Willy Wanta yang berhasil menumbuhkan kesadaran untuk tidak pernah berhenti belajar. Menjalani profesi impian banyak orang sebagai dokter tak membuatnya cepat puas. Di tengah jadwalnya yang padat, Willy mengikuti pelatihan B1 pada tahun 2018 untuk menjadi Instruktur Zumba® dan pada hari itu juga ia bergabung dengan Zumba® Instructor Network (ZIN™).

Willy menceritakan bahwa pada awalnya ia ragu sekaligus penasaran karena Zumba® Fitness didominasi oleh gerakan tarian. “Saya suka menari sejak lama, tapi ini membuat saya ragu pada awalnya karena saya merasa tubuh saya kaku sekali. Namun, Saya tidak tak pernah menduga bahwa Zumba® bukan hanya tarian, melainkan semacam olahraga yang menyenangkan dan dapat membakar kalori dengan baik, “jelas Willy.

Setelah menjadi instruktur Zumba® dan menjadi anggota ZIN™, Willy melanjutkan perjalanannya dengan mengambil sertifikasi Aqua Zumba® dan Zumba Gold®. Jenis kelas Zumba Gold® sendiri, menawarkan latihan yang menyenangkan dengan pelatihan kardiovaskular, pengencangan, dan penyeimbangan yang dilaksanakan dalam suasana seperti pesta, tetapi dengan tingkat intensitas yang lebih rendah untuk pemula dan lansia. Sebagai permulaan, tidak ada pengalaman menari atau olahraga yang diperlukan dari setiap peserta. Gerakan juga didasarkan pada gaya tari Latin dan internasional yang menarik, dari salsa, merengue, cumbia, cha-cha, tango, flamenco, belly dance, rock n ‘roll, dan banyak lagi. Gerakan Zumba® regular mengkombinasikan lompatan, squat, dan lunge, sedangkan Zumba Gold® dilengkapi dengan gerakan berulang yang lebih sederhana dan berdampak rendah yang mudah diikuti.

“Ini seperti naluri dokter yang ingin terus memberikan manfaat bagi banyak orang. Mengambil sertifikasi Zumba® Gold sudah pasti memiliki pertimbangan tersendiri. Saya perhatikan bahwa belum banyak instruktur yang memiliki sertifikasi ini, dan saya rasa saya bisa menjadi salah satunya. Saya juga dapat menyesuaikan kelas Zumba® Gold saya untuk wanita hamil atau penyandang disabilitas,” Willy menambahkan.

Melanjutkan keinginan mulianya menjadi instruktur bagi penyandang disabilitas, Willy mengikuti kampanye Zumba bertajuk #Bergerak1Menit dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia Oktober lalu. Dalam video tersebut, Willy bergerak di atas kursi. Ia mengaku melakukan hal itu untuk memotivasi mereka yang mungkin tidak bisa banyak bergerak atau memiliki keterbatasan dalam bergerak. “Koreografi terinspirasi oleh @princepaltuob dan @madellepaltuob yang dikreasikan kembali dan Goldified untuk melayani orang-orang yang tidak dapat meninggalkan singgasananya untuk bergerak! Zumba® Gold untuk semua orang karena semua orang adalah Gold,” tulisnya dalam caption di akun media sosial Instagram miliknya.

Hidup harus selalu bermanfaat bagi satu sama lain, terutama di tengah pandemi. Inilah saatnya bagi kita untuk saling menginspirasi dan peduli. “Saya bersyukur bisa mengenal Zumba®. Dulu saya merasa sangat hampa, tapi setelah bergabung dengan keluarga Zumba hidup saya menjadi penuh warna. Tidak ada salahnya mewarnai kehidupan orang lain,” tutup Willy.

Comments are closed.