Wonderia Disegel, Asetnya Diambil Alih Pemkot

METROSEMARANG.COM – Taman Ria Wonderia disegel oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang, Kamis (16/2). Selanjutnya, seluruh aset di dalamnya diambil alih Pemkot Semarang.

Penyegelan Wonderia, Kamis (16/2). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Kepala Satpol PP Endro PM mengatakan, penyegelan ini guna menindaklanjuti Surat Walikota Nomor 643/709 perihal Pemutusan Perjanjian Pembangunan dan Pengelolaan Taman Ria di Komplek Taman Budaya Raden Saleh. Surat tersebut ditujukan kepada PT Semarang Arsana Rekreasi Trusta (PT Smart) yang merupakan pengelola taman rekreasi tersebut.

“Dasarnya karena dari pihak PT Smart sudah tidak bisa memenuhi kewajiban dan pembayaran royalti kepada Pemerintah Kota Semarang,” papar Endro.

PT Smart memiliki tunggakan senilai Rp 3,1 miliar terhitung dari tahun 2016 hingga 31 Januari 2017. Tunggakan meliputi kewajiban royalti beserta denda keterlambatan, Pajak Bumi dan Bangunan, serta Pajak Hiburan.

“Sebetulnya tunggakan ini mulai dari tahun 2016, namun sebelumnya lancar,” ujar Endro.

Sebelumnya, Pemkot Semarang juga telah melayangkan surat peringatan kepada PT Smart sebanyak tiga kali. Pada Selasa (13/2) lalu pihak pengelola juga diberi kesempatan untuk mendiskusikan masalah ini di Ruang Rapat Wali Kota.

“Ya mungkin dari mereka tidak ada kemampuan untuk membayar kewajiban, sehingga dari rapat itu diputuskan pada hari ini Pemerintah Kota Semarang mengambil alih seluruh aset ini,” ungkap Endro.

Endro menambahkan setelah dilakukannya penyegelan PT Smart sudah tidak bisa melakukan segala aktivitas di tempat tersebut. “Serta seluruh aset properti mereka yang ada di sini juga tidak boleh keluar tanpa ada izin maupun prosedur yang harus ditempuh,” pungkas Endro.

Pemkot Semarang telah bekerja sama dengan PT Smart sejak 27 Agustus 2002 lalu. Kini seluruh aset yang ada di dalamnya juga menjadi hak Pemkot Semarang karena pihak Smart tidak mampu memenuhi kewajibannya. (fen)

You might also like

Comments are closed.