Wong Banyumanik Beli Gedung Polda Rp 226 Juta

Kebakaran gedung B Mapolda Jateng menghanguskan puluhan sepeda motor yang diparkir di lokasi kejadian. Pembangunan gedung baru diperkirakan butuh Rp 100 miliar. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Kebakaran gedung B Mapolda Jateng menghanguskan puluhan sepeda motor yang diparkir di lokasi kejadian. Pembangunan gedung baru diperkirakan butuh Rp 100 miliar. Foto: metrosemarang.com/dok

 

METROSEMARANG.COM – Bangunan Gedung B Polda Jateng yang ludes terbakar beberapa waktu yang lalu telah terlelang dengan harga Rp 226 juta. Pemenang lelang yakni seorang pria bernama Taat, warga Banyumanik, Semarang. Dia mengalahkan 26 peserta lelang lain dengan harga lelang yang dibuka sebesar Rp 201.500.000.

“Harga tersebut ditetapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jateng. Dalam pelaksanaan lelang, akhirnya dimenangkan oleh Bapak Taat, warga Banyumanik, dengan harga penawaran tertinggi Rp 226 juta,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Jateng, Kombes Pol Alloysius Liliek Darmanto, Jumat (13/11).

Proses lelang itu sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 6 November 2015 lalu dan ditangani oleh Biro Sarana dan Prasarana (Sarpras) Polda Jateng, bertempat di Aula Biro Sarpas Jalan Sriwijaya nomor 1 Semarang. “Uang hasil lelang disetorkan ke KPKN (Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara) Semarang,” terang Liliek.

Seperti yang diketahui, gedung dua merupakan salah satu gedung yang paling parah mengalami kerusakan dalam insiden kebakaran dahsyat pada Rabu, 30 September 2015 lalu. Kerugian akibat terbakarnya gedung tersebut mencapai Rp 37 miliar.

Rincian kerugian tersebut di antaranya kerugian gedung berlantai 3 Rp 12,5 miliar, bangunan aula Rp 662 juta, mebel Rp 53 juta serta barang-barang lainnya.

Rencananya, untuk menggantikan gedung tersebut akan dibangun gedung baru enam lantai dengan anggaran diperkirakan mencapai kisaran Rp 100 miliar hingga Rp 200 miliar. Pembangunan gedung Polda Jateng tersebut menjadi prioritas anggaran 2016 yang telah mendapat perhatian khusus oleh Presiden Joko Widodo. (yas)

You might also like

Comments are closed.