Wuiih, Ada Ratusan Mesin Waktu di Cassette Store Day

Cassette Store Day digelar di markas Incraft, Jalan Cempedak Raya 1A, Sompok, Semarang. Foto Metrosemarang
Cassette Store Day digelar di markas Incraft, Jalan Cempedak Raya 1A, Sompok, Semarang. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Popularitas kaset kini mungkin telah tenggelam oleh musik digital. Tapi kaset tetap mempunyai tempat tersendiri di hati para penggemar musik. Keberadaannya kini tak lagi sebagai sarana penyimpan lagu-lagu favorit. Lebih dari itu, kaset bagaikan mesin waktu. Hanya melihatnya saja, sudah menghadirkan kembali kenangan-kenangan di waktu lampau.

Mengenang hegemoni kaset, Inkraft menggelar Cassette Store Day pada Sabtu (27/9) di markas mereka Jalan Cempedak Raya 1A, Sompok, Semarang. Di teras rumah Inkraft itulah, ratusan “mesin waktu” dipajang rapi berjajar.

Cassette Store Day adalah selebrasi internasional untuk mengenas rilisan musik berupa kaset. Pada hari yang sama, kota-kota di Indonesia turut menyelenggarakannya tak terkecuali di Kota Semarang.

Perayaan ini mengajak siapapun yang ingin mengenal dan pernah merasakan romantisme format analog melalui kaset di tengah era digital. Minimnya akses toko rilisan fisik musik di Semarang, menggerakkan Inkraft untuk menyelenggarakan acara ini. “Di acara ini teman-teman bebas datang, memilih kaset lalu mendengarkan lewat tape atau jual beli,” kata Garna Raditya, pentolan Inkraft.

Acara yang dimulai pukul 16.00 – 20.00 itu dihadiri ratusan anggota komunitas musik di Semarang. Tak jarang diantara mereka memegang dan melihat satu kaset dalam waktu lama karena teringat suatu cerita karenanya.(MS-08)

You might also like

Comments are closed.