Xiaomi Yi, Action Camera Pesaing GoPro

Xiaomi Yi Action Camera
Xiaomi Yi Action Camera

KESUKSESAN produsen action kamera GoPro dalam menciptakan dan memasarkan kamera yang tahan banting, tahan air dan tahan goncangan ternyata menyentil keinginan dari produsen gadget lain untuk menciptakan produk serupa. Salah satunya adalah produsen smartphone asal Taiwan, Xiaomi.

Xiaomi yang baru-baru ini sedang naik daun karena produk smartphone-nya, tertarik ingin merambah dunia action camera dengan merilis Yi Action Camera.

Yi Action Camera memiliki resolusi 16 megapiksel dan menggunakan sensor buatan Sony, yakni CMOS Exmor R BSI. Kamera ini mampu merekam video 1080 p 60 fps.

Seperti dikutip dari Tech Crunch dan KompasTekno, kemampuan perekaman tersebut sedikit lebih unggul dibanding GoPro Hero yang merekam video 1080p dengan kecepatan hanya 30 fps, atau 720p 60 fps.

Xiaomi juga mengalahkan GoPro Hero dalam hal memori. Kapasitas penyimpanan internalnya dua kali lipat Hero, yaitu 64 GB. Bobotnya juga lebih ringan, yaitu 72 g, sementara Hero memiliki bobot 111 g.

Baterai yang diusung Yi Action Camera juga memiliki kapasitas lebih besar dibanding GoPro Hero. Xiaomi Yi juga bisa dibawa menyelam hingga kedalaman 40 meter.

Satu-satunya kekurangan Yi Action Camera adalah belum tersedianya rigging dan casing untuk kamera ini, tak seperti GoPro yang dijual dengan banyak aksesoris.

Namun Yi Action Camera dijual sepaket dengan tongsis (tongkat narsis) sehingga cocok bagi pengguna yang gemar berfoto selfie.

Soal harga, Yi Action Camera dijual dengan banderol 399 Yuan atau sekitar Rp 900 ribu. Sementara GoPro Hero harga jualnya sekitar 130 dollar AS (atau sekitar Rp 2 juta).

Saat ini, Yi Action Camera baru dijual di gerai resmi Xiaomi, MiHome. Belum ada informasi dari Xiaomi apakah Yi Action Camera juga akan dijual di Indonesia atau tidak. (ren)

You might also like

Comments are closed.