Yusuf Nur Faisal: Gemar Buka Lapak Tes Kesehatan Gratis

image
Yusuf Nur Faisal (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)

Berbeda dengan mahasiswa lain yang memanfaatkan waktu libur akhir pekan untuk istirahat, Yusuf Nur Faisal justru memanfaatkan waktunya untuk membantu sesama. Dia bersama beberapa rekan kuliahnya membuka sebuah stan di mana semua orang bisa melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Pemeriksaan tersebut meliputi cek tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol,” kata mahasiswa semester lima Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Agung Semarang ini.

Dia tidak mematok harga untuk pemeriksaan ini. “Masyarakat hanya perlu mengganti strip yang digunakan untuk pemeriksaan sekitar Rp 10.000 sampai Rp 20.000,” ujarnya. Khusus untuk tes tekanan darah bisa dilakukan secara cuma-cuma lantaran tidak memerlukan penggantian biaya operasional.

Dia berada di area Car Free Day Jalan Pahlawan Semarang mulai pukul 05.30 sampai 09.00 setiap pekannya. Yusuf mempersiapkan peralatannya dari daerah Genuk, Semarang, mulai pukul 05.00 dan kemudian berangkat bersama-sama rekannya ke lokasi.

Dia berharap, dengan pemeriksaan sejak dini tersebut, masyarakat bisa mengenali memeriksakan ke dokter ketika ditemukan gejala kolesterol, asam urat dan masalah kesehatan lain. Kegiatan itu sudah dilakukan sejak 2008 lalu dan masih berjalan hingga sekarang. (ade)

You might also like

Comments are closed.