Zebra Cross Bermotif Animasi Hiasi Jalan Protokol di Semarang

METROSEMARANG.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang menyatakan baru saja menuntaskan pembuatan pola animasi di atas jalur penyeberang jalan (zebra cross) di jalan protokol wilayahnya. Kepala Dishub Kota Semarang, Muhammad Khadik mengungkapkan ada dua pola animasi yang sudah dibuat oleh petugasnya tepat depan Gedung Balai Kota Semarang serta ujung Jalan Pemuda.

Zebra cross berpola animasi diharapkan bisa meningkatkan kesadaran pejalan kaki menyeberang pada tempatnya. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Baru saja rampung kemarin malam. Pola yang kita buat bergambar dua tokoh ulat dalam serial film animasi serta seekor anak burung,” kata Khadik, saat berbincang dengan metroasemarang.com, Sabtu (24/3).

Khadik mengaku pembuatan zebra cross dengan pola animasi tidak akan menganggu pengguna jalan khususnya para pejalan kaki yang menyeberang di ruas Jalan Pemuda.

Sebab, ia menganggap keberadaan pola animasi tersebut justru untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan fasilitas zebra cross sebagai alat bantu menyeberang jalan.

“Enggak akan mengganggu kok. Malahan di era yang semakin maju seperti saat ini, sesuatu yang unik jadi gampang diingat masyarakat. Toh ini jadi bagian kampanye kami untuk menggalakkan warga memakai zebra cross,” ujar Khadik.

Lebih jauh, ia bilang upaya masyarakat untuk memanfaatan zebra cross selama ini masih sangat kurang. Setiap pejalan kaki, katanya masih sering nyelonong sembarangan saat menyeberang jalan.

Ia pun menjelaskan, pemanfaatan zebra cross berpola akan diuji coba sampai tiga bulan ke depan untuk menangkap respon dari masyarakat.

Jika ada kritik dan keluhan, ia berjanji akan segera memperbaikinya. “Tentu semua pola-polanya akan kita sempurnakan demi kenyamanan pejalan kaki,” terangnya.

Menurut Khadik zebra cross berpola bandeng juga sudah dibuat tepat di lampu merah Jalan Pandanaran. Ia memastikan, sudah ada empat pola yang dibuat di atas zebra cross. Ke depan, ia akan menggarap dua pola lagi.

“Target kita tujuh zebra cross dengan pola macam-macam akan dibuat di jalan-jalan yang padat dilewati kendaraan,” ungkapnya. (far)

You might also like

Comments are closed.