Ziarah Makam Pahlawan, Hendi Minta Warga Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Hendrar Prihadi melaksanakan ziarah di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang. Kegiatan ini masih dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-470 Kota Semarang, Senin (17/4).

Wali Kota Hendi saat ziarah di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang, sebagai rangkaian peringatan hari jadi ke-470 Kota Semarang, Senin (17/4). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Ziarah diawali dengan upacara penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta dan peletakan karangan bunga. Serta penghormatan akhir kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi.

Usai penghormatan akhir, Hendi-sapaan wali kota, melakukan prosesi tabur bunga diikuti seluruh peserta ziarah. Seperti Muspida, DPRD, Sekda, kepala OPD, TNI, Polri, Korpri, Tim Penggerak PKK, Organisasi Masyarakat, Pelajar dan Pramuka.

Hendi mengatakan bahwa kegiatan ziarah tersebut memiliki arti sangat penting. Yakni sebagai perwujudan penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan. Kemajuan yang diraih kota ini dari mulai sektor infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya tidak bisa lepas dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

”Sekaligus sebagai sarana perenungan agar kita bisa meneruskan perjuangan mereka, khususnya generasi muda yang nantinya meneruskan tongkat estafet penerus bangsa,” katanya.

Penghormatan generasi muda juga disebutkan merupakan bentuk aplikasi riil untuk mengenang jasa para pahlawan. Sehingga bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme.

”Rasa nasionalisme bisa dilakukan dengan melakukan hal-hal positif sesuai kapasitas dan kemampuan kita masing-masing. Misalnya dengan menjauhi narkoba, menghindari tawuran, dan menuntut ilmu serta mendarma baktikan ilmunya untuk khususnya Kota Semarang,” tegasnya. (duh)

 

You might also like

Comments are closed.