Metro Semarang
Kabar Semarang Terbaru Hari Ini

7 Manfaat Toner Wajah, Bikin Kulit Tetap Glowing!

 

METROSEMARANG.COM, SEMARANG – Toner wajah punya peranan penting dalam rangkaian penggunaan skincare. Kandungan bahan yang ada di dalam suatu produk toner umumnya dapat memberikan sensasi bersih, segar, dan terhidrasi pada kulit setelah cuci muka.

Kini, produk toner wajah telah banyak beredar di pasaran, salah satunya Bioderma toner. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari toner untuk kulit wajah Anda?

Mulai dari membersihkan kotoran hingga memberi hidrasi, inilah sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan toner wajah. Cari tahu selengkapnya!

1.    Memberi Hidrasi Kulit

Toner wajah merupakan produk skincare yang berbahan dasar air. Maka dari itu, salah satu fungsinya adalah untuk memberi hidrasi bagi kulit wajah dengan daya serap yang cukup tinggi supaya kulit wajah anti kering. Toner yang memiliki fungsi seperti ini disebut hydrating toner.

Beberapa produk hydrating toner memiliki kandungan tambahan yang mampu memberi hidrasi ekstra, seperti hyaluronic acid hingga gliserin. Zat-zat tersebut bersifat humektan, sehingga bisa menarik air ke permukaan kulit dan membuat kulit lembab.

2.    Mengembalikan Keseimbangan pH Kulit

Secara alamiah, kulit manusia bersifat asam lemak dan berada pada angka antara 5 & 6 pada skala 0-14. Namun, keseimbangan pH kulit bisa jadi menurun setelah Anda mencuci muka dengan facial wash. Hal ini terjadi akibat kandungan basa yang terdapat pada produk sabun wajah.

Apabila kulit dibiarkan pada kondisi ini, perlu waktu beberapa saat untuk kulit dapat kembali ke pH normalnya. Namun, hal tersebut bisa jadi menyebabkan timbulnya minyak pada permukaan wajah. Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, Anda bisa memakai toner wajah supaya mempercepat proses pengembalian keseimbangan pH kulit.

3.    Membersihkan Sisa Kotoran Pada Kulit

Setelah dibersihkan dengan micellar water dan facial wash, bukan berarti kulit Anda sudah benar-benar bersih dari kotoran yang menempel. Nah, toner wajah bisa menjadi langkah ekstra untuk Anda aplikasikan setelah cleansing.

Dengan memakai toner wajah, Anda bisa memastikan bahwa tak ada kotoran atau residu yang menempel setelah proses cleansing dan wajah benar-benar bersih.

4.    Menyegarkan dan Mengencangkan Kulit

Toner wajah, khususnya hydrating toner, mampu memberikan kesegaran untuk kulit wajah Anda. Pasalnya, kandungan zat yang mampu menghidrasi, seperti air mawar, dapat memberikan efek hidrasi dan kesegaran ekstra pada kulit.

Selain itu, pemakaian toner wajah juga bisa membantu untuk menutup pori-pori serta mengencangkan jarak antar sel-sel kulit setelah cuci muka. Dengan begitu, kemungkinan kotoran masuk kembali ke kulit bisa lebih menurun.

5.    Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain hydrating toner, ada jenis lain dari toner wajah yaitu exfoliating toner. Untuk Anda yang memiliki kulit cenderung berminyak dan rentan berjerawat, exfoliating toner adalah produk yang recommended.

Pasalnya, produk exfoliating toner bisa membantu untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati pada kulit. Oleh karena itu, penggunaan exfoliating toner direkomendasikan supaya proses regenerasi sel kulit bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Meski begitu, Anda tak perlu menggunakan exfoliating toner setiap hari. Pasalnya, kandungan bahan aktif yang terdapat di dalamnya dapat memicu iritasi atau bahkan merusak kulit.

6.    Mencegah Rambut Tumbuh ke Dalam

Secara alamiah, kulit muka setiap orang memiliki rambut-rambut halus yang tumbuh. Namun, tak jarang terdapat kondisi di mana rambut tumbuh ke dalam atau biasa disebut dengan ingrown hair.

Sebenarnya, kondisi ini tak begitu fatal. Namun, jika ingrown hairs mengalami peradangan, hal tersebut bisa menyebabkan kulit jadi iritasi.

Nah, produk toner wajah yang mengandung glycolic acid atau alpha hydroxy acid lainnya bisa membantu meminimalisir munculnya ingrown hairs tersebut. Dengan begitu, perawatan kulit muka akan jadi lebih mudah.

7.    Meningkatkan Efikasi Produk Skincare Lain

Setelah penggunaan toner, kulit wajah menjadi bersih dan terhidrasi sehingga produk skincare yang akan diaplikasikan selanjutnya dapat menyerap dengan maksimal.

Apalagi, dengan pH kulit yang telah seimbang, efikasi produk skincare selanjutnya seperti essence, serum, lotion, hingga pelembab akan jadi lebih meningkat.

Nah, itu dia sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan pemakaian rutin toner wajah. Untuk mendapatkan seluruh manfaat dengan maksimal, Anda perlu memilih produk yang tepat untuk tipe dan kulit muka Anda.

Salah satu brand dengan rilisan toner wajah yang recommended adalah Bioderma. Beberapa produk toner dari Bioderma yaitu:

  • Bioderma Sensibio Tonique, toner khusus kulit sensitif dengan tekstur lembut yang dapat melembabkan kulit dan meningkatkan efikasi perawatan kulit selanjutnya.
  • Bioderma Sébium Lotion, toner khusus kulit kombinasi hingga berminyak yang membantu menyeimbangkan kadar air, minyak, dan pH sekaligus mengurangi terbentuknya blemish pada kulit wajah.
  • Bioderma Hydrabio Tonique, toner khusus kulit dehidrasi cenderung sensitif yang memberi kelembaban pada kulit.
  • Bioderma Hydrabio Essence Lotion, toner essence khusus kulit dehidrasi cenderung sensitif yang dapat melembabkan, meningkatkan hidrasi, dan membuat kulit lebih cerah.

Sungguh beragam, bukan, pilihan toner dari Bioderma? Pilih produk toner Bioderma sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda masing-masing.

Rawat kulit wajah Anda lebih ekstra dengan Bioderma toner dan beli produknya sekarang juga hanya di Blibli. Belanja lebih hemat dengan berbagai tawaran menarik di Blibli, mulai dari potongan harga, cashback, hingga gratis ongkir!(ris)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.