Metro Semarang
Kabar Semarang Terbaru Hari Ini

Komitmen Menuju Kemandirian, Inkindo Jateng Ingin Bangun Koperasi dan Bantu Modal Anggota

– KERJASAMA- Inkindo Jawa Rengah menandatangani kerjasama dengan sejumlah asosiasi profesi untuk memajukan organisasi bersama-sama. Foto : ist/metrosemarang.com

METROSEMARANG.COM, SEMARANG – Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) berkomitman meningkatkan kesejahteraan bagi setiap anggotanya. Salah satu upaya yang akan dilakukan diawali melalui rapat kerja daerah (Rakerda), untuk menyusun program kerja selama empat tahun mendatang, di Ramayana Ballroom hotel Patra Convention Semarang, Rabu (12/10/2022).

Ketua DPD Inkindo Jawa Tengah, Thomason Lutfie ST MT mengatakan, saat ini Inkindo Jawa Tengah memiliki 460 anggota yang tersebar di seluruh wilayah Jawa tengah.

“Sebagian besar atau 90 persen anggota Inkindo Jawa Tengah merupakan perusahaan konsultan skala kecil dan sedikit skala menengah dan sangat sedikit masuk kualifikasi usaha slala besar. Kita harus merangkum seluruh anggota dan sesuai janji, kita harus melayani dan melindungi mereka,” kata Thomas.

Menurut Thomas, salah satu prioritas yang akan segera direalisasikan adalah membentuk lembaga Koperasi yang akan melayani anggota menjadi Inkindo yang mandiri.

“Wacana menjadi Inkindo mandiri akan diawali dengan mendirikan lembaga Koperasi yang akan membantu permodalan bagi anggota yang membutuhkan untuk modal kerja,” ungkap Thomas.

Jika hal tersebut direalisasikan, lanjut Thomas, ini akan menjadi tonggak sejarah dimana Inkindo Jawa tengah bisa menjadi Inkindo Mandiri tanpa perbankkan dan lembaga keuanganya lainnya.

Raker Inkindo Jawa Tengah juga membahas masalah perlindungan anggota, karena sebagian besar anggota Inkindo Jateng tidak mampu bersaing akibat lemahnya daya saing dan minimnya SDM yang dimiliki ditengah semakin ketatnya persaingan bisnis.

“Saya saat melakukan kunjungan ke daerah pernah menemukan salah satu anggota Inkindo yang satu tahun hanya memiliki omset Rp100 juta saja, meski anggaran proyek infrastruktur di Indonesia sangat besar,” ujar Thomas.

Salah satu langkah yang dilakukan Inkindo jateng dengan melakukan terobosan diantaranya dengan melakukan pembinaan minimal menaikkan kompetensi mereka agar memiliki standar yang sama dan selanjutnya bisa berbagi informasi peluang sampai ke anggota di daerah.

“Inkindo Jawa Tengah juga tengah menyiapkan program Capasity Building bagi anggota dengan memberikan beasiswa untuk mengikuti kuliah di Semarang agar ke depan mereka akan mampu dan bisa bersaing,” tambah Thomas.

Bahkan rencana ke depan, lanjut Thomas, Inkindo Jateng juga melakukan kerjasama dengan perusahaan konsultan besar di Jakarta untuk memberdayakan anggota Inkindo di daerah dalam pengerjaan proyek di wilayah masing-masing.

Dalam rapat kerja daerah kali ini dihadiri jajaran pengurus dan anggota serta perwakilan pengurus DPD Inkindo dari sejumlah daerah diantaranya kepulauan Riau, Lamping, Bengkulu, Makasar, DKI Jakarta, Jabar, Jatim, DIY, Bali, Kalimantan Timur dan Papua.(eff)

You might also like
Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.